Fandom

(Bahasa Indonesia) Throne of Lies: The Online Game of Lies & Deceit Wikia

Utama

2pages on
this wiki
Add New Page
Bicara0 Share
Og-nov2016-FB.png

Tentang Throne of Lies Edit

Throne of Lies: The Online Game of Lies & Deceit, atau "ToL", adalah sebuah permainan video deduksi sosial berbasis daring - terinspirasi dari politik abad pertengahan dan bergaya seperti permainan Werewolf/Mafia. Hingga 15 pemain dapat bermain secara bersamaan pada PC, Mac, dan Linux. Virtual reality atau realitas maya dirumorkan akan hadir.

Kickstarter dan versi closed alpha direncanakan mulai antara Q4 2016 dan Q1 2017.

Tujuan Permainan Edit

Bergantung dari faksi (tim/aliansi) mana kelas karaktermu, tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mengeliminasi faksi lawan atau untuk Bertahan Hidup.

Cara Bermain (Singkat) Edit

Para pengkhianat, atau yang dikenal juga sebagai faksi Mawar Hitam (The Black Rose) dirumorkan akan merencanakan melawan kerajaan. Orang-orang yang setia dari faksi Naga Biru (The Blue Dragon) harus menemukan siapa yang sudah melakukan pengkhianatan dengan melakukan deduksi sosial dan menganalisa petunjuk-petunjuk yang ada.

Permainan ini sangat mudah: Bunuh orang-orang jahat dari faksi Mawar Hitam sebelum mereka membunuh orang-orang baik dari faksi Naga Biru: Bunuh atau dibunuh, tetapi kamu harus membunuh orang yg tepat.

Di malam hari, orang-orang jahat (Mawar Hitam) umumnya akan membunuh atau mengganggu orang-orang baik (Naga Biru). Para pemain ini dapat membunuh pemain lain pada malam hari dengan menggunakan kemampuan-kemampuan gelap. Faksi Mawar Hitam dapat berbicara pada malam hari dan mengenal satu sama lain.

Di lain sisi, pada malam hari, orang-orang baik (Naga Biru) akan berusaha menyelidiki, melindungi, atau men-support satu sama lain, dengan beberapa pemain memiliki kemampuan untuk membunuh. Mereka akan berusaha mengenali siapa teman dan lawan dengan melakukan penyelidikan. Sebagian besar orang baik tidak dapat berbicara dengan yang lain pada malam hari. Orang-orang baik, meskipun mereka menang jumlah dari Mawar Hitam, mereka tidak tahu siapa yang baik dan siapa yang jahat.

Pada siang hari, para pemain menemukan siapa yang dibunuh pada malam sebelumnya dan mendiskusikan kasusnya. Mereka akan membawa petunjuk-petunjuk (dan petunjuk-petunjuk palsu yang disiapkan oleh Mawar Hitam) ke meja diskusi, dan dengan menggunakan deduksi sosial, diskusi ini akan mengungkap siapa pelakunya. Tiap pemain akan mempunyai kekuatan - pada siang har - yang dapat membantu proses diskusi. Pada akhir hari, seorang pemain akan dituduh sebagai pengkhianat dan akan dihukum mati - adalah tugas anda untuk menghukum mati orang yang tepat.

Tentu saja permainan ini memiliki banyak hal untuk dipelajari: akan ada Kelas atau Aliran Sesat yang akan membuat permainan lebih seru. Jika kamu ingin tahu lebih banyak, geser halaman ke bawah dan cek tautan-tautan yang ada!

Empat Faksi? Edit

Dalam permainan ini tiap pemain akan ditugaskan pada satu dari empat faksi.

1. Naga Biru (Baik): tujuan faksi Naga Biru adalah untuk mengalahkan Mawar Hitam, Aliran Sesat, dan semua pemain netral yang bertujuan untuk menghancurkan mereka. Naga Biru harus mengandalkan para kelas penyelidik dan akal mereka untuk menemukan lawan. Hanya beberapa anggota Naga Biru yang memiliki kemampuan membunuh, jadi Naga Biru biasanya menggunakan momen hukuman mati siang hari untuk menyingkirkan lawan. Naga Biru berjumlah lebih banyak dari semua faksi yang lain, tetapi mereka tidak tahu siapa yang baik dan siapa yang jahat.

2. Mawar Hitam (Jahat): tujuan faksi Mawar Hitam adalah untuk mengalahkan Naga Biru, Aliran Sesat, dan semua pemain netral yang bertujuan untuk menghancurkan mereka. Mawar Hitam adalah minoritas, tetapi mereka mengenal satu sama lain.

3. Netral: beberapa kelas Netral hanya perlu untuk bertahan hidup sampai akhir permainan, beberapa yang lain mempunyai tujuan yang unik.

4. Aliran Sesat: Tujuan dari Aliran Sesat dalah untuk mengalahkan Naga Biru, Mawar Hitam, dan semua pemain netral yang bertujuan untuk menghancurkan mereka. Aliran Sesat dimulai hanya dengan seorang Pemimpin Aliran Sesat, yang kemudian dapat merekrut anggota faksi Naga Biru dan faksi Netral. Semua anggota faksi Mawar Hitam kebal terhadap ajakan masuk ke Aliran Sesat.

Apa yang Istimewa? Edit

Throne of Lies tidak seperti permainan sosial deduksi yang lain. Permainan ini mempunyai dua mekanisme penting.

Pada permulaan permainan, seorang pemain akan menjadi Raja dan tidak menjadi anggota dari faksi manapun. Raja memiliki kekuatan untuk memanipulasi permainan dengan suara tambahan dan hak veto terhadap hasil pemungutan suara. Raja sangat berbahaya terhadap faksi yang berseberangan. Sangat berbahaya sehingaa semua pemain yang berseberangan dengan Raja akan berusaha untuk membunuhnya. Jika pembunuhan berhasil, proses pendaftaran menjadi Raja yang baru akan terbuka. Para bangsawan dapat mendaftar menggantikan Raja yang lama.

  • Mawar Hitam dan kekuatan untuk mengubah

Setiap pahlawan membutuhkan penjahat, tidak terkecuali dengan Throne of Lies. Mawar Hitam diawali dengan Pembunuh dan Dalang. Pembunuh akan menjadi seseorang yang melakukan pembunuhan dan Dalang akan mengubah faksi pemain lain. Dalang mampu membawa pemain lain masuk ke dalam faksi Mawar Hitam dan di sanalah keseruannya akan dimulai.

Dalang mampu membawa pemain lain masuk ke dalam faksinya karena jumlah maksimal dari faksi Mawar Hitam adalah tiga orang. Jika Dalang sukses mengubah seorang pemain, pemain itu akan mendukung faksi Mawar Hitam. Lebih dari itu, pemain yang berubah akan mendapatkan kelas baru. Kelas yang baru adalah klon (meskipun tidak sama) dari kelas asli mereka.

Jika Pembunuh terbunuh, akan digantikan oleh pemain yang baru diubah. Namun, Dalang tidak dapat digantikan.

Tipe KelasEdit

Ada 8 tipe kelas dalam Throne of Lies:

Defense-Type.png
Defensive = Kelas defensive (pertahanan) dapat melindungi diri sendiri atau rekan satu faksi
Killer-Type.png
Killer: Kelas killer dapat membunuh anggota faksi lain
Offensive-Type.png
Offensive: Kelas offensive dapat menggunakan serangan-serangan dan teknik-teknik untuk menganggu lawan
Investigative-Type.png
Investigative: Kelas investigative dapat menyelidiki pemain lain, mengungkap petunjuk-petunjuk mengenai kelas, faksi, atau tipe mereka
Social-Type.png
Social: Kelas social menggunakan kemampuan berdiskusi dan sosial mereka untuk mengembangkan alur permainan
Special-Type.png
Special: Beberapa kelas merupakan kelas yang benar-benar unik, seperti Raja or Dalang, yang tidak seperti tipe-tipe kelas yang lain
Support-Type.png
Support: Kelas support membantu pemain lain dengan menyembuhkan atau meningkatkan kemampuan kelas-kelas lain
Wildcard-Type.png
Wildcard: Kelas wildcard adalah kelas egois yang hanya mendukung diri mereka sendiri
** Tipe dapat berubah pada versi alpha/beta
#

Faksi

Kelas Tipe Kelas Setelah Berubah Tipe Setelah Berubah Keunikan
1 Acak Raja Special (Kebal dirubah) - Unik
2 Naga Biru Penyihir Defensive Orang Bijak Offensive -
3 Naga Biru Kepala Pelayan Offensive Pelayan Social -
4 Naga Biru Kesatria Offensive Penegak Hukum Offensive -
5 Naga Biru Pengamat Investigator Penjaga Malam Investigator -
6 Naga Biru Bangsawan Social Bangsawan yang Berkhianat Social -
7 Naga Biru Paladin Killer Templar Killer Unik
8 Naga Biru Penyembuh Support Ahli Ramuan Offensive -
9 Naga Biru Pendeta Support Penangkap Jiwa Investigator Unik
10 Naga Biru Pangeran Killer (Kebal dirubah) - Unik
11 Naga Biru Putri Investigator Putri yang Berkhianat Investigator -
12 Naga Biru Cenayang Social Pesulap Social -
13 Naga Biru Kepala Polisi Investigator (Kebal dirubah) - Unik
14 Mawar Hitam Pembunuh Killer (Kebal dirubah) - Unik
15 Mawar Hitam Dalang Special (Kebal dirubah) - Unik
16 Netral Alkimia Support (Kebal dirubah) - -
17 Netral Orang Bodoh Wildcard (Kebal dirubah) - -
18 Netral Pembunuh Bayaran Defensive Prajurit Bayaran Tidak Diketahui -
19 Netral Reaper Killer (Kebal dirubah) - Unik
20 Netral Perasuk Killer (Kebal dirubah) - Unik
21 Aliran Sesat Pemimpin Aliran Sesat Special (Kebal dirubah) - Unik
22 Aliran Sesat Pengikut Aliran Sesat Social (Kebal dirubah) - -

Mode Permainan NormalEdit

Pada mode permainan normal, delapan hingga sepuluh pemain akan menjadi anggota faksi Naga Biru. Pada mode ini, faksi Naga Biru akan pasti mempunyai Kepala Polisi, Pangeran, dan Dokter. Mawar Hitam akan mempunyai Pembunuh dan Dalang. Para pemain yang tidak ditugaskan menjadi anggota dari faksi Naga Biru atau Mawar Hitam akan menjadi pemain Netral dengan kemungkinan kecil menjadi Aliran Sesat.

Fase atau Alur Permainan Edit

Permainan Throne of Lies terdiri dari dua fase: fase siang dan fase malam. Permainan dimulai dari fase malam, dilanjutkan dengan fase siang, dilanjutkan lagi dengan fase malam, dan seterusnya. Permainan akan berlanjut terus dalam putaran fase ini sampai salah satu faksi menang.

Permulaan Permainan

Pemain diperbolehkan membuat nama alias dan akan ditugaskan menjadi salah satu kelas. Hanya pemain tersebut yang tahu kelasnya. Para pemain akan dikenalkan satu sama lain. Sebagai tambahan, seorang pemain akan ditugaskan menjadi Raja. Raja akan ditugaskan menjadi salah satu faksi, selain Aliran Sesat. Semua orang tahu siapa yang menjadi Raja, tetapi hanya Raja sendiri yang tahu apa faksinya. Setelah pembicaraan singkat, masing-masing pemain akan kembali ke kamar masing-masing dan permainan akan dilanjutkan ke fase malam.

Malam

Kelas Bangsawan, Aliran Sesat, dan anggota Mawar Hitam dapat saling berbicara, sedangkan pemain yang lain akan melewati fase malam dengan tenang. Pemain dapat melakukan aksi malam dengan menggunakan kemampuan kelasnya. Beberapa aksi malam memungkinkan pemain untuk melakukan penyelidikan, beberapa memungkinkan pemain untuk melindungi, sedangkan yang lain memungkinkan pemain untuk melakukan pembunuhan. Aksi malam yang sudah terekam pada fase malam hanya dapat diselesaikan pada akhir fase malam. Para pemain akan medapat pemberitahuan tentang aksi-aksi yang diarahkan kepada dirinya. Beberapa aksi memiliki prioritas yang lebih daripada aksi yang lain. Sebagai contoh, Pembunuh berusaha membunuh Kepala Pelayan, dan pada saat yang sama, Kepala Pelayan berusaha menyibukkan Pembunuh pada malam hari. Aksi Kepala Pelayan akan diselesaikan lebih dulu dan Pembunuh akan disibukkan sehingga tidak dapat membunuh Kepala Pelayan.

Siang

Fase siang dimulai dengan mengungkap siapa saja yang tidak selamat pada fase malam. Kelas pemain yang tumbang akan terungkap, bersama dengan jurnal permainan dan catatan kematian mereka.

Jika Raja tidak selamat pada malam hari, proses pendaftaran diri menjadi Raja pengganti akan dimulai. Kelas Bangsawan dapat mendaftar menjadi Raja pengganti. Jika hanya ada seorang Bangsawan yang mendaftar, dia akan langsung menjadi Raja. Jika ada dua Bangsawan yang mendaftar, pemungutan suara untuk memilih Raja berikutnya akan dibuka. Jika tidak ada Bangsawan yang mendaftar, proses pendaftaran akan dibuka kembali keesokan hari. Jika tidak ada calon Raja setelah dua kali proses pendaftaran secara berurutan, keadaan kekosongan kekuasaan (vacuum of power) akan terjadi, di mana tidak akan ada Raja sampai permainan selesai.

Seteleh proses penggantian Raja atau Raja selamat pada malam hari, sebuah diskusi untuk menuduh pemain-pemain yang melakukan pengkhianatan akan dimulai. Untuk meningkatkan diskusi, para pemain dapat menggunakan kemampuan siang dari kelas mereka secara rahasia. Kemampuan-kemampuan siang pada umumnya akan langsung aktif dan tiap pemain hanya dapat menggunakan kemampuan siangnya sekali tiap hari. Untuk lebih membantu para pemain, sebuah wiki akan tersedia untuk memudahkan proses deduksi. Selama proses diskusi, jika seorang pemain sudah yakin, dia dapat memberikan suara kepada tersangkanya. Jika seorang pemain mendapat suara terbanyak, sebuah sidang akan digelar dengan dia sebagai tersangka. Jika dia terbukti bersalah, dia akan dihukum mati. Pemain pertama yang menuduh terdakwa akan diberikan kehormatan untuk melakukan hukuman mati. Metode hukuman mati dipilih berdasarkan senjata yang dimiliki oleh pengeksekusi.

Apakah kamu mati?

Para pemain yang mati dapat mengikuti permainan dari kuburan. Mereka tidak dapat berbicara dengan para pemain yang masih hidup, kecuali dengan beberapa pemain yang memiliki peran khusus. Para pemain yang mati masih dapat menang jika salah satu dari syarat kemenangan terpenuhi.

Alur Cerita Edit

Throne of Lies memiliki alur cerita sebagai berikut (diurutkan berdasarkan tanggal rilis):

  1. Kerajaan
  2. Raja yang Baik
  3. Raja yang Jahat
  4. Di mana warnaku..? Cerita Orang Bodoh
  5. Persekongkolan
  6. Pertemuan

Terinspirasi Oleh Edit

Penghargaan/Liputan Edit

Pranala Luar Edit

Language Translations Edit

If the menu at the top does not work, try these:

Also on Fandom

Random Wiki